PMB UNS 2023

 Cara Mendaftar Kuliah di Universitas Sebelas Maret 


Kuliah di Jawa Tengah bisa menuju ke kampus-kampus terkemuka, jika mengutamakan kampus negeri maka tetap akan menjumpai pilihan yang beragam. Salah satunya adalah Universitas Sebelas Maret atau USM yang terletak di Surakarta atau kota Solo, Jawa Tengah. Universitas ini merupakan universitas negeri dan dikenal berkualitas, sehingga seleksi penerimaan mahasiswanya selalu diminati ribuan lulusan SMA sederajat. 


Cara Mendaftar Kuliah di Universitas Sebelas Maret


Pendaftaran mahasiswa baru dilakukan secara online, sehingga kamu bisa mengakses situs resminya yakni di https://spmb.uns.ac.id/. Saat masuk ke halaman utama maka kamu bisa memilih jalur pendaftaran yang diinginkan dan dirasa sesuai. Tahun akademik 2020/2021 dibuka tiga jalur pendaftaran mahasiswa baru. 


1. Jalur SNMPTN, yang dibuka serentak oleh seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia berdasarkan prestasi akademik selama di bangku SMA. 

2. Jalur SBMPTN, merupakan jalur seleksi dengan sistem tes yakni tes tertulis dan tes berbasis komputer. 

3. Jalur Mandiri, yakni pendaftaran mahasiswa baru murni dengan tes ujian tertulis dan biasanya diikuti lebih banyak peserta dibandingkan dua jalur sebelumnya. 


Apabila selama di bangku SMA kamu memiliki prestasi akademik memuaskan, seperti sering memenangkan juara I untuk lomba cerdas cermat. Sekaligus punya nilai rapor yang bagus dan selalu di peringkat 1, maka bisa ikut jalur SNMPTN supaya tidak perlu tes ujian masuk lagi. 


Sekolah JosGandos
Madrasah JosGandos
SMK JosGandos
Kuliah JosGandos
Beasiswa JosGandos
Ekskul JosGandos
AKM JosGandos
Literasi JosGandos
PPDB JosGandos